11 December, 2008

ANTIHACKERLINK KENA DEFACE!!



wah mau posting lagi nich...
kebetulan ada sedikit informasi yang menurut saya menarik untuk dikupas tuntas kali ini...

Masih ingat dengan kelompok Antihackerlink?
Salah satu situs kelompok whitehat hacker indonesia (kelompok hacker topi putih). . .
Sebenarnya kalo menilik sejarahnya dulu antihackerlink bukanlah kelompok whitehat hacker melainkan blackhat...
Tapi entah mengapa bisa berbalik arah seperti ini.. .
Kelompok ini telah beberapa kali melakukan regenerasi pimpinan mereka mulai dari Hc, cisco, Chikebum hingga saat ini fl3xus yang kebetulan juga akrab dengan saya.

Bagaimana Sejarah antihackerlink?

ANTIHACKERLINK Sendiri adalah salah satu channel hacker Indonesia yang sangat mengagumkan dan mengherankan. Dibangun oleh hC-(Hantu Crew) atau yang lebih dikenal dengan Wenas, AntiHackerlink mulai menunjukkan giginya dalam dunia Internet baik luar maupun dalam negeri dengan kemampuan mereka dalam menghack. Mulai dari situs yang berakhiran com, org, ac, edu, gov terlebih mil dan net yang juga ikut berperan serta menjadi kelinci percobaan anak - anak AntiHackerlink.

Beranggotakan dari berbagai belahan nusantara bahkan ada juga yang dari luar negeri dengan banyak nickname yang berkecimpung dari yang nickname singkatan nama (baik nama sendiri atau nama julukan), nama - nama bintang yang dikombinasikan dengan suatu kata, nama - nama bahasa pemrograman, nama - nama kejelasan identitas kepintaran orang tersebut seperti (_learning_, newbieboy) hingga sampai nama - nama yang berbau menghack. Selain nama - nama nickname yang bervariasi AntiHackerlink juga beranggotakan berbagai umur, dari anak yang pernah mengaku berumur 10 tahun (maaf saya lupa nickname-nya) sampai ada yang mengaku guru besar salah satu perguruan tinggi komputer terkenal di Jakarta (yang sudah menginjak kepala empat) bergabung dalam channel AntiHackerlink.


AntiHackerlink memang merupakan salah satu imbas perkembangan kemajuan TI negara kita yang sedang merangkak menuju kemandirian dalam bidang TI di Indonesia. Sudah banyak situs yang sudah pernah di gerogoti anak - anak AntiHackerlink mulai dari hal mengganti halaman webnya dengan lambang AntiHackerlink. ataupun hanya sekedar membubuhkan kata - kata yang mungkin agak tidak sopan yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sampai kata - kata memperingatkan kepada admin server yang di-hack untuk segera memperbaiki sistem keamanannya. Hingga sampai yang tingkat tinggi yaitu "mendefaced" server yang di-hack. salah satu pentolanya adalah clsc()),chikebum, _ryu_, B360 (contoh nama dalam jajaran hackernya AntiHackerlink) .

Kegiatan AntiHackerlink yang semakin merajalela membuat banyak admin server yang makin kewalahan dan juga membuat banyak admin menjadi pintar karena dia tahu bahwa sistem keamanannya masih ada yang bolong dan mereka akan segera mem-patch-nya pada server masing - masing, (seharusnya para admin yang terbobol ucapkan terima kasih kepada yang membobol-maaf jika saya salah menilai).



Baru Baru ini Situs kelompok bawah tanah dunia maya Indonesia yang cukup terkemuka itu, jadi korban aksi deface oleh salah satu kelompok hacker CyberMafia. Menurut keterangan fl3xus (Webmaster Antihackerlink saat ini) waktu saya interview di ym , CyberMAfia sendiri adalah kelompok hacker asal turki yang cukup terkemuka di dunia blackhat . Kebetulan saya sendiri lumayan akrab dengan pentolan Antihackerlink yang satu ini. Setelah agak lama interview pihak antihackerlink sendiri yang diwakili oleh fl3xus menyatakan tidak akan mengadakan serangan balasan terhadap CYberMafia.
Wow, Sungguh tindakan yang patut diacungi 10 jempol.
Di blognya, fl3xu5 selaku webmaster mengaku banyak tools yang bisa dimanfaatkan Antihackerlink dari serangan tersebut. "Sebagai admin yang baik, kita harus menerima jika situs kita kena hack, jangan melakukan serangan balasan, karena itu bukan merupakan solusi yang baik," pesan fl3xu5 di blog-nya.

Menurut fl3xu5, serangan itu bisa menjadi audit gratisan bagi keamanan situs mereka. "Terima kasih kepada penyerang, karena di-'audit' dengan gratis, daripada kami menyewa 'auditor profesional' yang fee-nya bisa puluhan juta rupiah," tulis sang webmaster.




Sampai saat ini memang web antihackerlink sengaja belum di betulkan, karena fl3xus dan sakitjiwa sedang melakukan forensic white box, Untuk sementara mereka meredirect halaman web mereka ke salah satu kelompok whitehat hacker E-cho

http://idsecconf.echo.or.id/.


o yha tidak hanya antihackerlink saja yang mendapat serangan ini...
Salah satu web yang sampai hari ini masih ada tampilan defacenya adlah http://hackmadrid.com

0 Comment: